Makanan Anti-Stress


Bismillahirahmanirahiim....

Pada konten kali ini agak berbeda, karena disini saya akan memberikan salah satu solusi bagi pelajar atau orang-orang yang memiliki beban pikiran. Apalagi mahasiswa yang menginjak semester 5 seperti saya ini sering mengalami stress yang kadang datang secara bergantian. Setidaknya dengan makanan ini dapat mengurangi beban pikiran dan merubah suasana hati lebih baik. Saya mengambil konten ini dari koran Pikiran Rakyat edisi April tanggal 27 tahun 2015. Tapi makanan apa saja yang dapat mengurangi stress? Ayo disimak yahh..

1. Coklat
Coklat yang terkenal manis serta lembut ini mengandung zat Tryptophan, yaitu suatu zat yang dapat membantu mengurangi gejala depresi, meningkatkan hormon Endorfin yang dapat menciptakan rasa senang dan mengurangi hormon Kortisol yang menjadi penyebab stress.

2. Pisang
Pisang yang hanya tumbuh di daerah tropis dengan rasa yang manis ini mengandung zat Tryptophan dan Asam Amino Esensial  yang dapat meningkatkan kadar Serotonin dalam tubuh sehingga dapat memperbaiki suasana hati.

3. Sayuran Hijau
Berbagai sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kangkung, bayam, buncis dan banyak lagi ternyata mengandung Vitamin B yang dapat meningkatkan Produksi Neurotransmitter, yang mampu meredakan stress dan meningkatkan mood.

4. Teh Hijau
Teh hijau dengan aroma harum ini kaya akan zat Theanine, yaitu Antioksidan yang dapat mendorong produksi Dopamine dan Serotonin. Kedua hormon tersebut dapat membantu mengurangi stress dan membuatnya lebih senang.

5. Buah Berry
Berbagai jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan rasberry ini dapat membuat orang yang memakannya menjadi senang karena buah berry mengandung Anthocyanidins dan Anthocyanins yang dapat membantu menghilangkan stress.

6. Alpukat
Alpukat yang mengandung lemak sehat ini ternyata bisa mengurangi stress dan membuat orang yang juga memakannya menjadi lebih bahagia karena alpukat kaya akan Asam Folat yang bisa meningkatkan energi dan metabolisme di dalam tubuh. Setelah memakannya, Insya Allah mood dan semangat akan meningkat.

7. Ice Cream
Ice Cream memang dapat membuat orang yang memakannya menjadi lebih senang karena mengandung banyak Asam Amino Tryptophan yang dapat menenangkan otak dan mengurangi stress.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan Anti-Stress lainnya, semoga makanan yang saya rekomendasikan dapat mengurangi stress yang kalian alami. Jangan berlarut-larut dengan beban pikiran, hilangkanlah stress kalian dengan makanan yang kalian sukai. Semoga bermanfaat :)

Jazakumullahu khairan katsira...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Program Pendidikan Luar Sekolah / Non Formal Education

Kelompok Bermain (Kober) dalam PAUD

Tiga Jalur Pendidikan di Indonesia