Etika Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PLS


Bismillahirahmanirahiim...

     Pada konten kali ini, saya akan mengulang kembali apa yang pernah di ajarkan dulu. Disini saya akan membahas salah satu materi mata kuliah Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada semester 2 yaitu tentang etika pendidik dalam profesi PLS.
    Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa arti dari profesi. Profesi berarti keahlian khusus yang dimiliki oleh seseorang yang tidak dimiliki oleh orang lain yang tidak mempelajarinya. Dalam hal ini keahlian kependidikan nonformal yang berorientasikan kepada kependidikan dan pembangunan masyarakat.

Langsung saya akan memberikan point- point etika pendidik dalam profesi PLS.
# Etika pendidik yaitu agar mengetahui, mengerti dan menyadari kedudukan dirinya sebagai mahasiswa jurusan PLS yang sedang membina dan mempelajari PLS sebagai suatu profesi yang baik.
# Pendidik mengetahui pengalaman, perjuangan dan pengembangan profesional jurusan PLD sebagai prodi yang sedang mengembangkan profesi Pendidikan Luar Sekolah.
# Sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Luar sekolah harus mengerti dasar dan tujuan jurusannya sendiri sebagai upaya pembinaan semangat kelompok diantara seluruh sivitas akademikanya.
# Agar tumbuh kesadaran dikalangan mahasiswa yang didasari oleh pengetahuan dan pengalaman peejuangan pengembangan jurusab Pendidikan Luar Sekolah yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa.
# Mengetahui dan mengenal secara mendalam akan profesinya sebagai tenaga-tenaga kependidikan Pendidikan Luar Sekolah yang akan mwnjadi tenaga profesional yang dapat diandalkan.
# Sadar akan kedudukan dirinya sendiri maupun sebagai kelompok, sebagai tenaga kependidikan Pendidikan Luar Sekolah yang harus dipeetahankan, dibina dan dilaksanakan prpfesi kependidikan nonformalnya.
# Dapat teebinanya spirit dikalangan mahasiswa dan sivitas akademika yanh bermoral dan berakhlakul karimah dilandasi disiplin kelompok yang kuat.
# Dapat terselenggaranya suatu proses belajar mengajar yang sehat diantara mahasiswa dan tenaga pengajar sehingga usaha dalam mencapai cita-cita dan tujuan program studi dapat tercapai secara wajar.
# Dan menjadi yakin dan mempercayai dirinya sendiri bahwa profesi kePNFan adalah bidang garapan yang harus dipertahankan, dikembangkan dan dijunjung tinggi sebagai lapangan pengabdian terhadap bangsa, negara dan agamanya.
     Jadi itulah etika-etika pendidik dalam profesi PLS. Dari semua point diatas menjelaskan pentingnya mengenal jurusan sendiri dan menyadari kemampuan kita sebagai pendidik PLS. Profesi PLS lebih mulia karena tidak hanya sekedar mengajar, namun juga mengabdi untuk memberdayakan masyarakat agar bangsa kita tidak dipandang sebelah mata. Semoga kita sebagai mahasiswa tidak lupa dirinya sebagai calon pendidik yang akan memajukan bangsa dengan pengabdiannya.
     Makanya matkul ini ada di semester awal agar mahasiswanya lebih mengenal jurusannya sendiri dan meyakinkan diri bahwa jurusan PLS itu baik dan lebih luas jangkauannya. Bagi mahasiswa semester awal, jangan dulu menyerah, ta'arufan dulu perlahan-lahan, kalian nanti akan tau kerennya jurusan PLS bila dijalani dengan ikhlas. Semoga bermanfaat yah :)

Jazakumullahu khairan katsira..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Program Pendidikan Luar Sekolah / Non Formal Education

Kelompok Bermain (Kober) dalam PAUD

Tiga Jalur Pendidikan di Indonesia